Senin, 20 Mei 2013

Keindahan Alam Bawah Laut di Utara Indonesia

Keindahan dan keeksotisan alam bawah laut di utara wilayah Indonesia yang terus menggema di dunia dan mengharumkan nama Indonesia salah satunya adalah Pulau Bunaken. Keindahan dan pesona dari wilayah Indonesia adalah kekayaan alam nya yang melimpah dan keeksotisan alam bawah lautnya. Bila kita mlihat ke utara Indonesia, terdapat Salah satu kekayaan alam bawah laut Indonesia yang sangat indah dan bahkan telah tersohor hingga berbagai penjuru dunia yaitu Pulau Bunaken. Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Untuk mencapai Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken yang akan menyuguhkan keindahan dunia bawah laut yang tidak akan dilupakan oleh para pecinta keindahan alam bawah laut.


Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut. Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.


Taman laut Bunaken tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara telah banyak yang mengetahui keindahan alam bawah laut di Bunaken. Puncak kunjungan terbanyak, biasanya terjadi di bulan Mei hingga Juni dimana sekolah selesai melaksanakan ujian nasional dan siap menghadapi liburan sekolah, selain itu cuaca pada bulan-bulan tersebut cenderung baik dan sangat cocok bagi wisatawan menikmati keindahan alam di utara Indonesia ini.

12 komentar:

  1. Subhanallah, kita sebagai anak muda harus bangga dan dapat menjaga serta melestarikan tersebut :)

    BalasHapus
  2. yaps betul sekali, terutama ini milik kita bersama keindahan yang ada di Indonesia kita harus melestarikannya jangan dirusak seperti orang2 yang tidak bertanggung jawab.

    BalasHapus
  3. Waahhh, sepertinya liburan disana seruu, dpt menghilangkan stress dgn keindahan alamnya :D

    BalasHapus
  4. Iya bener, silahkan datang dan nikmati keindahannya :D

    BalasHapus
  5. amaziiing.....
    infonya menariiikkkk guys !! bunaken itu emang indah.
    bangga jadi warga indonesia

    BalasHapus
  6. iya makanya kita harus menjaganya agar tidak dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab

    BalasHapus
  7. Informasi nya sangat bagus, dan juga tentang potensi wisata di Indonesia dapat mejadi referensi untuk para pelancong yang ingin bertreveling. Namun kurang spesifik penjelasan tentang tempat wisata yang se-Indah dan sebagus ini. Sayang saja, bila hanya informasi yang hanya penjelasan bunaken nya saja yang di jelaskan. Namun akan lebih baik jika di jelaskan bagaimana untuk pergi kesana dengan akses termudah dan tercepat. Ini akan sangat penting untuk para traveler..

    BalasHapus
  8. benar" keren....jangan smpai gk dtng k'tmpat sprti tu
    ^^v

    BalasHapus
  9. Keren blognya bagus buat referensi traveler nih

    BalasHapus